Friday, December 17, 2010

SEJARAH BERDIRINYA ASRD MSD YOGYAKARTA.

Akademi Seni Rupa dan Desain MSD Yogyakarta yang ada sekarang ini merupakan perluasan dari Lembaga Pendidikan Ketrampilan Modern School of Design Yogyakarta (LPK MSD). Di bawah pengelolaan Yayasan Pakapti Mulia, LPK MSD Yogyakarta resmi berdiri pada tanggal 2 Oktober 1993 dengan Ijin dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta menjadi anggota Himpunan Penyelenggara Pendidikan Luar Sekolah dan Masyarakat (HPPLSM) Yogyakarta Nomor 140/HP- PLSM/93.

Kampus LPK MSD yang pertama berlokasi di Jl. Brig. Jend. Katamso No. 69 Yogyakarta. Pada awal kegiatan kursusnya (1993) LPK MSD hanya menyelenggarakan program studi Desain Grafis. Jangka waktu studi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan 2 semester maksimal 1 tahun. Kuliah Perdana terselenggara pada tanggal 18 Oktober 1993 yang diikuti oleh 44 siswa. Program intensif 2 semester yang setara 40 SKS tersebut bertujuan untuk membekali siswa dengan ketrampilan disain grafis. Melalui latihan dan pemberian tugas diharapkan siswa menempuh proses pembelajaran dengan komposisi pemberian metode teori 25% dan 75% praktek.

Pada tahun-tahun berikutnya dengan kondisi yang semakin mantap LPK MSD membuka program-program studi lain yaitu : Desain Interior (1994), Seni Lukis (1996), dan Fotografi (1997).

Program ini bertujuan menghasilkan lulusan yang berprestasi tinggi, tekun dan disiplin dalam bidangnya. Ditunjang dengan penyediaan peralatan moderen yang mendukung perkuliahan saat itu seperti OHP, Slide Projector, Komputer Acer 486, Airbrush Badger, Kamera Pentax, Studio Photo, Enlarger Opemus, Scanner, dan Color Printer.

Menginjak tahun ke lima (1998) MSD menempati kampus baru yang dirancang khusus sesuai kebutuhan pendidikan seni rupa dan disain, berlokasi di Jl. Taman Siswa No. 164 Yogyakarta. Pada tahun itu pula MSD menyelenggarakan program pendidikan dua tahun (empat semester), disamping program satu tahun yang sudah berjalan.

Waktu terus berjalan dan LPK MSD mengalami perkembangannya yang luar biasa. Pada saat bersamaan mulai terlihat peluang besar dalam profesi Desainer Komunikasi Visual (Desainer Grafis) dan tumbuhnya permintaan pendidikan program studi Desain Komunikasi Visual. Momentum inilah yang mendorong Akademi Seni Rupa dan Desain MSD resmi berdiri pada tanggal 12 Desember 2000 sesuai SK Mendiknas No. 252/D/O/2000.

Sesungguhnya alasan mendirikan akademi telah muncul sejak tahun 1993, pada awal Pendirian LPK MSD, namun Yayasan Pakapti Mulia yang menaungi MSD memilih menunggu hingga memiliki fasilitas pendidikan seperti gedung, studio, laboraturium, perpustakaan tersedia lengkap dan memadai. Kesiapan kurikulum yang komprehensif dan memenuhi kebutuhan jaman. Selanjutnya melakukan rekrutmen dosen-dosen muda yang berprestasi dan berpengalaman sebagai praktisi.

Sekitar 500 mahasiswa saat ini aktif di kampus untuk belajar, diskusi, mengerjakan tugas dan kegiatan kemahasiswaan lainnya. Kini dengan bangga MSD boleh menyebut diri sebagai Akademi Seni Rupa dan Desain yang terdepan dan terbesar di JawaTengah dan DIY.

LAMBANG AKADEMI SENIRUPA MSD

MAKNA LAMBANG ASRD MSD YOGYAKARTA.

  • Keutuhan lambang Akademi Seni Rupa Dan Desain MSD Yogyakarta membentuk konfigurasi menyerupai pohon yang mempunyai makna tumbuh dan berkembang.
  • Konfigurasi pohon terbentuk oleh kesatuan teks : AKADEMI SENI RUPA DAN DESAIN, Logo brand MSD dan logo type MSD. Ketiganya melambangkan tumbuhnya rasa kekeluargaan dan pertalian batin antara YAYASAN, KARYAWAN (edukatif & non edukatif) dan MAHASISWA.
  • Tiga figur segitiga warna merah (bulu mata) logo brand MSD, mempunyai makna TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
  • Logo brand MSD dengan figur mata mempunyai makna: VISUAL yaitu wawasan luas, cermat, teliti, optimis dan mampu mencari gagasan baru dan berpikir pragmatis dalam proses penciptaan karya seni/disain.

Huruf standar teks AKADEMI SENI RUPA DAN DESAIN adalah FUTURA dan teks MSD adalah FUJIYAMA.

VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi

Pada tahun 2012 Akademik Seni Rupa dan Desain MSD Yogyakarta akan menjadi akademi yang unggul dan menjadi panutan dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi bertaraf nasional yang berbasis kekayaan seni dan budaya Indonesia serta memanfaatkan teknologi modern untuk menghasilkan lulusan yang kreatif,profesional, berjiwa kewirausahaan, serta memiliki spesialisasi kompetensi yang mampu bersaing di tingkat global namun bermoralitas Pancasila.

Misi

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang seni rupa dan desain yang kompetitif di tingkat nasional.
  • Mengembangkan pendidikan yang mampu mengadopsi kekayaan seni dan budaya indonesia
  • Mengembangkan pendidikan seni rupa dan desain berbasis teknologi terkini yang mampu mendukung segala aspek dalam penyelenggaraan pendidikan.
  • Meningkatkan dan mengembangkan kualitas sistem pendidikan dan pengajaran bidang seni rupa dan desain yang memiliki spesialisasi kompetensi serta mampu bersaing secara nasional.
  • Mengembangkan pendidikan yang beorientasi pada jiwa kewirausahaan.
  • Meningkatkan kualitas dan wawasan tenaga pengajar melalui pelatihan dan pendidikan lanjutan.
  • Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap dan modern.

Tujuan

Menghasilkan ahli madya yang profesional dan kreatif dalam bidang seni rupa dan desain yang mampu terus berinovasi dalam berkarya, mampu menciptakan lapangan pekerjaan, mampu bersaing dalam era perdagangan global namun berbudi pekerti luhur sesuai dengan falsafah Pancasila.

By : Zoe
Referensi : www.msd.ac.id www.canonuleague.com

0 Comments:

Post a Comment



 

FREE HOT BODYPAINTING | HOT GIRL GALERRY