Sunday, January 9, 2011

Lee David Garfinkel lahir di Bronx, New York pada tanggal 3 Februari 1955. Ayahnya adalah seorang penjual sepatu dan ibuntya adalah penjaga toko buku. Lee bersekolah di Bronx High School of Science tetapi lulus dari Evander Childs High School. Lalu ia bersekolah di Queens College, lulus di tahun 1977. Ketika di kampus, ia bermain di beberapa band rock dan grup folk. Dia juga mencoba menjadi komedian yang berimprovisasi di New York dan di The Comedy Store di los Angeles.

Karir

Lee mulai berkarir di tahun 1978 sebagai copy writer junior di agensi periklanan kecil James Neal Harvey. Setelah dua bulan, dia berhenti dan mengambil pekerjaan di agensi kreatif terkenal, Levine Huntley Schmidt Plapler and Beaver, Lee bertahan selama delapan tahun. Berkembang dari copy writer junior dan menjadi eksekutif creative director hanya dalam beberapa tahun, Lee menulis atau mengawasi beberapa kampanye untuk Subaru, jam Citizen, mobil Matchbox, air mineral Ferrarelle dan bir Genesee.

Di tahun 1989, Lee di rekrut oleh BBDO untuk memimpin akun Pepsi. Sepanjang waktu di BDO, ia menulis beberapa iklan-iklan Pepsi yang terkenal termasuk iklan asli Cindy Crawford.
Setelah tiga tahun bekerja di Pepsi, orang periklanan dari London, Frank Lowe mendaulat Lee untuk menjadi pemimpin kreatif dari Lowe New York. Lee bekerja di Lowe and Partner selama delapan tahun, dan berangsur-angsur menjadi direktur kepala kreatif di US. Di Lowe, ia secara signifikan mengembangkan profil agensi kreatif. Dia bekerja untuk merk-merk seperti Mercedes Benz, Diet Coke (the famous Diet Coke Construction Worker Comercial), Sprite (Obey Your Thirst), Heineken( It’s All About The Beer), Citibank, Sun Microsystem, KPMG, Sony, CBS, dan GMC Trucks.

Di tahun 2001, Lee bergabung dengan D’Arcy sebagai presiden dan Direktur Kreatif World Wide. Dia lalu dengan cepat diikuti oleh akun Heineken dimana perusahaan Heineken sudah mempunyai pengalaman sukses yang signifikan di bawah kepempinan kreatifnya. Sepanjang waktu singkatnya di D’Arcy, Lee juga menolong untuk merevitalisasi merk-merk seperti Crest dan Cadillac. Ketika Maurice Levy dan Publisistnya membeli D’Arcy, Lee ditawari jabatan Direktur Kreatif Global dari agensi periklanan publisist. Akhirnya Lee memilih untuk bergabung dengan temannya, Ken Kaess, CEO dari DDB.

Lee bergabung dengan DDB NY pada bulan Maret 2003 sebagai direktur, Kepala Kreatif. Sepanjang penugasannya, Lee menolong DDB menaikkan tugasnya pada Bud Light dan Michelob, dan memenangkan akun seperti Diet Pepsi, Phillips Global, Subaru, Lipton Tea, The American Cotton Council, United Technologies Corp, Electrolux Appliances, Legg Mason, Georgia Pacific dan Gibson Guitars. Lee juga adalah arsitek dibelakang Amplify, grup digital dengan DDB, New York.

Setelah beberapa manajemen berubah dan kematian Ken Kaess, Lee meninggalkan DDB di tahun 2009.

Penghargaan

Garfinkel menerima setiap penghargaan iklan yang besar. Dengan tujuan untuk memenangkan Cannes Lions untuk Subaru, Pepsi, Mercedes, Beneficial dan Heineken, penghargaan industrinya meliputi One Show, ANDY, dan penghargaan Clio.

Di tahun 1986, Adweek memilih Lee untuk majalah East Coast All-Star untuk Copy writer TV terbaik.

Tiga tahun kemudian, Majalah Pemenang Adweek memilihnya sebagai juara 1 Copywriter dan juara 3 direktur kreatif di Amerika.

Di tahun 1992, Lee dipilih oleh Crain’s New York Business untuk fitur “Forty under 40, dimana memprofilkan para eksekutif di bawah 40 yang sukses dalam bisnisnya.

Di tahun 1994, Lee dilantik oleh Advertising Hall of Achievement.

Dan di tahun itu, Adweek sekali lagi memilih Lee untuk US-All-Star Team mereka, kali ini sebagai Kreatif Direktur Terbaik.

Di tahun 1998, Lee termasuk dalam Jurnal Wall Street untuk seri pemimpin.
Dan di tahun 2005, Lee termasuk bagian dari tim manajemen yang bertanggung jawab untuk DDB yang dinamai Adweek “Global Agency of The Year”

Garfinkel menjadi Presiden dari One Club (1991-1993), dia memenangkan Penghargaan Andy di tahun 1998 dan di 2002 dia adalah Juri dari US untuk Cannes Lions International Advertising Festival.

By : Zoe
Referensi: www.linkedin.com/pub/dir/lee/garfinkel, www.diaryofacreativedirector.com, mycrains.crainsnewyork.com

0 Comments:

Post a Comment



 

FREE HOT BODYPAINTING | HOT GIRL GALERRY