Tuesday, January 25, 2011

Beberapa tahun yang lalu, Buick menjalankan satu seri iklan dengan sebuah penampakan hantu bernama Harley Earl. Dalam iklannya, Earl yang murah hati membisikan gagasan-gagasan inspiratif ke dalam telinga para desainer dan insinyur Buick. Jutaan pemirsa mengetahui nama Harley Earl untuk pertama kalinya, tapi beberapa mempunyai penghargaan tinggi terhadap prestasinya pada General Motor.

Earl menjadi bapak dari desain otomotif modern. Dibawah bimbingannya, GM adalah pembuat mobil pertama yang membuka divisi Seni dan Warna. Earl tidak hanya terpengaruh bahasa desain korporasi di tahun 30 an, 40 an,50 an, tetapi juga menstrukturi sebuah proses formal dari desain yang akhirnya diadaptasi oleh semua orang Amerika dan pembuat mobil asing.

Harley J. Earl adalah presiden pertama desain dari General Motor. Ia adalah seorang desainer industrial dan seorang pelopor dari desain transportasi modern. Earl mempelopori kegunaan sketsa bentuk bebas dan pahatan tangan menggunakan bahan tanah liat sebagai model desain tekniknya. Ia kemudian memperkenalkan “konsep mobil” baik sebagai alat untuk proses desain dan sebagai alat marketing yang pintar.

Buick Y-Job adalah mobil konsep pertamanya. Dia memulai “Proyek Opel’, yang akhirnya menjadi Chevrolet Corvette, dan resmi memperkenalkan ‘ekor-sirip’ untuk gaya otomotif. Sepanjang Perang Dunia I, Earl menjadi kontributor aktif untuk penelitian kamuflase.

Harley Earl lahir di Holywood, California. Ayahnya, J.W. Earl, mulai bekerja sebagai coachbuilder di tahun 1889. Ayahnya akhirnya merubah latihannya dari kendaraan yang ditarik kuda ke bagian-bagian badan yang disesuaikan dan asesoris untuk mobil auto, dan mendirikan bengkel Earl Automobile di tahun 1908.

Earl menimba ilmu di Universitas Stanford, tetapi mengundurkan diri untuk belajar dan bekerja dari ayahnya di bengkel Earl Automotive. Bengkel Earl Automotive dibeli oleh Cadillac, Don Lee, yang mempekerjakan Harley Earl sebagai direktur untuk divisi custom body.

Lawrence P.Fisher, general manajer dari divisi Cadillac, mengunjungi dealer-dealer dan distributor-distributor Cadillac di seputar kota, termasuk Lee. Fisher bertemu Earl pada dealernya dan melihatnya pada saat ia bekerja. Fisher, yang karir otomotifnya mulai dengan menjadi coachbuilder Fisher Body, terkesan dengan desain-desain dan metode-metode Earl, termasuk model tanah liat untuk membangun bentuk dari desainnya. Fisher menugaskan Earl untuk merancang pendamping Cadillac,Marque. Keberhasilan LaSalle meyakinkan presiden General Motor Alfred P. Sloan untuk menciptakan Divisi Seni dan Warna dari General Motor, dan Earl sebagai direktur pertamanya.

Sebelum pembentukan divisi Seni dan warna, manufaktur otomotif tidak menetapkan apapun yang sangat penting bagi penampilan tubuh mobil. Volume manufaktur yang membangun tubuh didesain oleh para insinyur yang dipandu hanya oleh harga dan fungsionalitasnya. Banyak manufaktur mobil-mobil berkelas termasuk General Motor, bahkan tidak membuat badan mobil, mereka lebih memilih untuk membuat rakitan sasis kepada coachbuilder dengan pilihan pembeli .

Eksekutif-eksekutif di General Motor pada waktu itu, termasuk insinyur, kepala divisi, penjualan eksekutif, melihat ide konseptual Earl sebagai flamboyan dan belum pernah ditemukan dimana-mana. Earl berjuang untuk melegitimasi desainnya dengan pendekatan melawan tradisi dan eksekutif-eksekutif yang berorientasi pada produksi. Sebagai kepala dari divisi Seni dan warna di tahun 1927, ia awalnya disebut sebagai “anak lelaki yang cantik” dan studio desainnya disebut “salon”.

Di tahun 1937, Divisi Seni dan Warna berubah menjadi Divisi Styling. Harley Earl pensiun dari General Motor di tahun 1958 setelah menciptakan model-model di tahun 1959. Ia sukses sebagai presiden utama dengan tanggung jawab untuk departemen desain dan styling oleh Bill Mitchell. Sebelum Earl pensiun, General Motor menjadi korporasi terbesar di dunia, dan desainnya diakui sebagai yang memimpin penjualan tertinggi dalam dunia otomotif.

Kematian dan Warisan

Harley Earl menderita stroke dan meninggal di West Palm Beach, Florida, pada 10 April 1969. Ia meninggal pada umur 75 tahun. Earl diingat sebagai kepala styling pertama di industri otomotif, penemu pertama yang menggunakan tanah liat untuk model desain otomotifnya, kaca depan yang bisa berputar, sedan hardtop, pabrik cat dua warna, dan ekor sirip.

Salah satu konsep desain mobilnya, turbin berkekuatan Firebird I, diproduksi kembali dalam miniatur dalam Trophy The Harley J. Earl Daytona 500, diperuntukan untuk musim pembukaan lomba Nascar.

Harley Earl digunakan dalam kampanye iklan singkat untuk Buick, khususnya selam periode rekonstruksi dari 2001-2002. Aktor John Diehl, yang memerankan Earl (atau hantunya) digunakan untuk melambangkan pentingnya desain dalam mobil Buick, atau sebagai yang iklannya katakan “Spirit of American Style”. Trade mark Earl yang selalu memakai fedora selalu digunakan sebagai ikon untuk iklan ini.

Di tahun 1999 pada bulan Desember, di Detroit Free Press, Earl menduduki peringkat artis Michigan ketiga yang paling signifikan dari abad ke-20, di belakang Aretha Franklin dan Stevie Wonder.

By : Zoe

Referensi: En.wikipedia.org/wiki/Harley_Earl, Www.vetteweb.com, Www.theautochannel.com/news/writers/bhagin, Www.s9.com/Biography/Earl-Harley-J, Wikicars.org/en/Harley_Earl, Www.amazon.com›Books›Biographies & Memoirs

0 Comments:

Post a Comment



 

FREE HOT BODYPAINTING | HOT GIRL GALERRY