Wednesday, January 26, 2011

Bina Nusantara

Graphic Design
Tentang Jurusan

Pada saat ini industri kreatif tumbuh dengan sangat pesat seiring dengan banyaknya keberadaan sekolah desain grafis. Dalam kompetisi global yang membutuhkan banyaknya profesional yang merupakan lulusan dari sekolah desain dengan reputasi yang baik dan membekali mereka dengan ilmu dan keahlian yang memadai untuk siap menghadapi tantangan. Lebih lanjut mereka juga harus selalu mengikuti perkembangan teknologi yang digunakan dan informasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menghasilkan kreatifitas dalam berbagai media.

Tujuan

Tujuan Umum

Tujuan umum dari Studi Graphic Design di BINUS INTERNATIONAL adalah untuk mencapai dan menghasilkan mahasiswa yang memiliki kualitas dan kreatifitas yang unik melalui kurikulum yang memenuhi syarat akademis. Graphic Design BINUS INTERNATIONAL memiliki tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan industri kreatif pada saat ini, dimana hampir seluruh tenaga pengajar merupakan lulusan universitas mancanegara yang memiliki reputasi yang baik di bidang disiplin ilmu yang berhubungan dengan industri kreatif. Keberadaan Art & Design School itu sendiri untuk memberikan landasan yang baik dan mengarahkan mahasiswa yang berbakat untuk mencapai karir yang diinginkan di dalam industri kreatif dan desain.

Tujuan Khusus

Program Graphic Design BINUS INTERNATIONAL menawarkan program studi desain grafis, yang meningkatkan kemampuan dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaru melalui pembekalan kemampuan teknis yang memadai dan memiliki kemampuan presentasi yang baik. Kurikulum yang padat dan lengkap membekali lulusan untuk meraih karir yang bervariasi di dunia industri kreatif. Mahasiswa akan melakukan studi desain di bidang advertising maupun kampanye sosial, branding, multimedia dan aplikasi interaktif, packaging, poster, desain publikasi, desain web, 2D dan 3D animasi, proses cetak dan produksi media cetak konvensional dan digital untuk melengkapi portfolio mahasiswa sebagai modal untuk berkarir.
Kurikulum

Kurikulum yang berlaku saat ini di Graphic Design telah sesuai dengan persyaratan yang beracuan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Lebih lanjut kurikulum juga disesuaikan untuk selalu mengikuti kebutuhan industri pada saat ini. Dengan kata lain, mahasiswa juga diharapkan untuk dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan global industri baik dalam negeri maupun luar negeri.

Graphic Design Subjects

  1. History of Indonesian Arts & Culture
  2. History of Western Arts
  3. Color Theory
  4. Drawing I
  5. Drawing II
  6. Design & Materials
  7. Photography I
  8. Photography II
  9. Computer Graphics I
  10. Computer Graphics II
  11. Typography I
  12. Typography II
  13. Typography III
  14. History of Graphic Design
  15. Multimedia I
  16. Multimedia II
  17. Systems Thinking & Design Methodology
  18. Illustration Design
  19. Aesthetics
  20. Graphic Design I
  21. Graphic Design II
  22. Graphic Design III
  23. Graphic Design IV
  24. Graphic Design V
  25. Prepress & Printing
  26. Audio Visual I
  27. Audio Visual II
  28. Digital Animation I
  29. Digital Animation II
  30. Advertising
  31. Entrepreneurship
  32. Portfolio
  33. Internship
  34. Final project & report

Karir Masa Depan

Mahasiswa yang telah menyelesaikan program tersebut, dalam hal ini lulus sebagai mahasiswa Graphic Design, memiliki berbagai kesempatan pekerjaan seperti di bawah ini:

  1. Creative Director
  2. Graphics and Web/Multimedia Designer
  3. Advertising
  4. Media Production or Production House
  5. TV Broadcasting
  6. Corporate Video Production and New Media
  7. Director of Photography
  8. Art Director

Pilihan Program

Graphic Design BINUS INTERNATIONAL menawarkan dua pilihan gelar tunggal dan gelar ganda. Dalam hal ini mahasiswa dapat memiliki piihan untuk melanjutkan studi mereka ke universitas rekanan di luar negeri. Adapun pada saat ini BINUS INTERNATIONAL memiliki universitas rekanan dengan Universitas Northumbria di Newcastle, Inggris.
Secara keseluruhan mahasiswa harus melengkapi dan menyelesaikan kredit mata kuliah sebanyak 146 SKS (minimum) untuk dapat lulus. Dan kelulusan ini harus dilalui selama empat (4) tahun program studi penuh.

Pilihan-pilihan itu adalah:

  1. Gelar tunggal (empat tahun penuh studi di BINUS INTERNATIONAL) dengan gelar Sarjana Seni.
  2. Gelar ganda (tiga tahun di BINUS INTERNATIONAL dan satu tahun di universitas rekanan - Universitas Northumbria di Newcastle, Inggris). Mahasiswa akan meraih kelulusan dan mendapatkan dua gelar, yaitu Sarjana Seni (S.Sn) dan Bachelor of Arts (B.A).

www.binus.ac.id

0 Comments:

Post a Comment



 

FREE HOT BODYPAINTING | HOT GIRL GALERRY