Saturday, October 16, 2010

SENYUM ITU SEDEKAH

Senyum, tampaknya begitu sederhana bagi kita, bagi sebagian orang senyum mampu mengubah energi negatif menjadi positif, namun ada sebagian lagi yang jarang sekali menjumpai bahkan melakukannya, hal ini tentu saja banyak variabel penyebabnya. Satu di antara penyebab senyum menjadi sangat mahal adalah masalah, ya masalah kita baik sebagai individu maupun bagian dari bangsa Indonesia. Padahal dari senyum yang sangat sederhana dan mudah dilakukan siapa saja, masalah yang kita hadapi bisa terbantu penyelesaiannya.

Apa pentingnya tertawa atau tersenyum sehingga dalam beberapa kesempatan lahir idiom-idiom pentingnya tertawa?

Ada tokoh nasional yang dijuluki “The Smiling General”? Siapa yang tidak kenal slogan sakti “Tertawa itu sehat”? Sedangkan Trio Warkop yang legendaris juga punya tagline ampuh “Tertawalah selagi tertawa belum dilarang”. Dan sebagainya… Yang terdengar cukup adem adalah “Senyum adalah sedekah paling murah”. Senyum itu ibadah. Senyum yang ikhlas dan dari hati yang tulus mungkin hal sederhana (walaupun tidak mudah dipraktekkan), namun manfaatnya sungguh luar biasa bagi harmonisasi kehidupan sosial. Bayangkan indahnya, bila senyum sudah menjadi tradisi positif dalam masyarakat.

Berangkat dari pemikiran sederhana itu, Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Binus University, melalui event tahunan FRESH N BRITE 2010 menyelenggarakan Pameran Desain Poster Senyum ‘AYO NGGUYU’ karya dosen-dosen DKV Binus dan Lomba Nasional Desain Poster Senyum yang dibuka untuk masyarakat umum.

Harapan besarnya, langkah kecil ini akan menjadi motivasi dan budaya positif bagi masyarakat. Dan, Indonesia yang (pernah) dikenal sebagai negeri yang murah senyum, benar-benar akan kembali dikenal sebagai negeri yang ramah dan bersahabat.

LINGKUP KARYA & PESERTA LOMBA

Kompetisi desain poster dalam wujud digital untuk umum.

Poster merupakan medium komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan yang singkat tetapi padat, dan impresif karena ukurannya yang relatif besar. Desain poster digital yang dimaksud adalah karya poster dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar berwujud digital.

OBJEKTIF KOMPETISI

Tema poster:
“SENYUM UNTUK INDONESIA”

Sasaran utama komunikasi adalah untuk memotivasi masyarakat untuk meningkatkan optimisme dalam berfikir dan bertindak positif .

Tujuan poster:

  1. Mengkomunikasikan tema,
  2. Menggugah masyarakat umum untuk menjadi individu/komunitas yang aktif berpartisipasi menjadi motivator melalui karya grafis, senyum adalah motivasi dalam menghidupkan budaya optimis dan selalu berfikir positif dalam bersosialisasi, bekerja, bermasyarakat dan berbagai situasi lainnya.
  3. Senyum adalah inspirasi dalam menggugah kesadaran masyarakat menjadi pribadi yang optimis, ceria, menyenangkan dan santun serta tough menghadapi tantangan.
  • Anjuran:
    Peserta Kompetisi dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang tema Kompetisi, membangun esensi masalah dan sasaran komunikasi (terutama cara pemilihan gaya bahasa atau kata-kata yang cocok untuk masyarakat Indonesia secara umum), serta mengkaji manfaat desain dan fungsi poster.

KETERANGAN TEKNIS KOMPETISI

Format Karya Poster:

  • Karya asli: dibuat dengan format digital RGB/TIFF, ukuran 60 x 90 cm, 150 pixels/inch, posisi vertikal,
  • Thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size <>

Ketentuan Karya Poster:

  • Teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta (pastikan apabila menggunakan gambar/foto yang di-download dari internet atau dari sumber manapun, hak ciptanya ada pada peserta) dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan), apabila ada pembuktian pelanggaran ketentuan ini, karya akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya,
  • Karya bisa berupa hasil kerja individual atau kolaborasi dengan mengatasnamakan salah satu individu yang terlibat penuh dan memenuhi persyaratan sebagai peserta,
  • Karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital, sehingga berwujud digital,
  • Hak cipta seluruh karya yang diterima panitia merupakan milik masing-masing peserta. Panitia, penyelenggara dan pihak sponsor berhak mempublikasikan karya tersebut dengan memberi informasi/kredit pemilik hak ciptanya.

Ketentuan isi paket/amplop pengiriman karya:

  • 1 buah CD (compact disc) berisi karya asli dan thumbnail karya
  • 1 buah printout karya ditempel pada kertas A3 tebal
  • 1 formulir registrasi Kompetisi (cetakan/printout/ foto kopi) yang sudah diisi lengkap (biodata dan penjelasan/rasionalisasi karya)
  • 1 buah photocopy KTP
  • Tulis “Lomba Desain Poster Senyum 2010” pada sudut kiri atas amplop dan amplop tidak digulung/dilipat.

Waktu dan alamat pengiriman karya:

  • Paket/amplop karya selambat-lambatnya diterima di alamat panitia pada hari Senin, 25 Oktober 2010, Jam 17.00 wib (BUKAN CAP POS).
  • Karya dikirim langsung/via pos ke alamat panitia.
Panitia lomba Desain Poster Senyum (Ruang FKM - M2A)
Jurusan Desain Komunikasi Visual
Fakultas Komunikasi & Multimedia, Binus University
Jl. KH. Syahdan No.9, Palmerah, Jakarta 11480

PENJURIAN

Seluruh karya terkirim akan mendapat kesempatan dinilai oleh dewan juri yang akan dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2010. Satu nama peserta hanya punya kesempatan untuk mendapat satu penghargaan.

Dewan Juri terdiri dari profesional di bidang desain grafis, edukasi dan periklanan.

Keputusan dewan juri bersifat mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan komunikasi atau surat menyurat. Jika setelah hasil keputusan juri, kemudian terbukti karya pemenang mengandung unsur pelanggaran ketentuan Kompetisi (terutama pelanggaran unsur hak cipta dan adanya penjiplakan/plagiasi), maka karya tersebut dapat dibatalkan sebagai pemenang, termasuk pembatalan penghargaannya.

Hal yang dijadikan dasar penilaian juri adalah:

  • Orisinalitas karya,
  • Kesesuaian tema dan konsep desain,
  • Lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan,
  • Inovasi serta sisi artistik penyajian visual.

PENGHARGAAN

Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan sertifikat dan hadiah apresiasi, dalam bentuk sebagai berikut:

  • Pemenang pertama: uang tunai Rp. 5.000.000,- dan hadiah hiburan sponsor
  • Pemenang kedua: uang tunai Rp. 3.000.000,- dan hadiah hiburan sponsor
  • Pemenang ketiga: uang tunai Rp. 1.500.000,- dan hadiah hiburan sponsor
  • Pemenang favorit pilihan: uang tunai Rp. 1.500.000,- dan hadiah hiburan sponsor

Karya pemenang, finalis dan beberapa karya peserta yang layak, akan dipamerkan di acara FreshNBrite DKV Binus 2010, tanggal 4-7 November 2010 di Gandaria City, Jakarta Selatan, dan akan diberikan sertifikat tanda keikutsertaan pameran dan publikasi. Para finalis akan dihubungi lewat telepon dan email.

Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada acara tersebut pada tanggal 7 November 2010. Karya finalis juga akan ditayangkan mulai tanggal 4 November 2010 di situs internet dengan alamat:

Panitia Lomba Poster Senyum:
RUANG FKM/ M2A
Jurusan Desain Komunikasi Visual
Fakultas Komunikasi & Multimedia, Binus University
Jl. KH. Syahdan No. 9, Kemanggisan,
Palmerah, Jakarta 11480
Email: fnbbinus2010@yahoo.com
Ung (0815 1983 5299), Maudhy (0811 199 901), Pio (0856 9450 2277)

www.dkv.binus.ac.id

http://dgi-indonesia.com

http://fdgi.org







0 Comments:

Post a Comment



 

FREE HOT BODYPAINTING | HOT GIRL GALERRY