Wednesday, October 27, 2010

Mungkin bagi kita kata ilustrasi sudah sangat familiar, terlebih lagi bagi desainer, seniman maupun pekerja estetika lainnya, namun sadarkah kita bahwa ilustrasi merupakan tonggak utama dokumentasi karsa manusia sejak peradaban awal?

Secara diksi ilustrasi merupakan karya yang membuat sekedar teks maupun suara menjadi tergambarkan dengan jelas dan atraktif, lebih spesifik lagi; ilustrasi menjadi representasi secara visual yang dituangkan menjadi gambar, lukisan, photo, atau karya lainnya sehingga orientasi dari subjek tersebut tersampaikan dengan jelas.

Menjelang manusia dapat merepresentasikan bahasa secara leksikal atau dengan simbol-simbol berbentuk huruf, manusia diperadaban awal mulai mendokumentasikan kegiatannya melalui gambar-gambar, gambar-gambar ini dibuat pada media-media seperti dinding gua, pelepah kayu, kulit binatang, batu dan sebagainya, bukti-bukti bukti kongkret peninggalan ilustrasi ini tentunya banyak sekali kita temukan referensinya. Sehingga simbol-simbol ini berubah menjadi tulisan atau huruf adalah representasi dinamisnya pengetahuan manusia. Meskipun ilustrasi adalah kebudayaan yang tergolong primitif, pengkaryaan visual dengan cara ini masih digunakan hingga saat ini dengan perkembangan yang paralel bersama teknologi. Dengan bukti-bukti ini maka pada dasarnya sulit merunut dan mengklasifikasi karya-karya ilustrasi dari masa kemasa, kemudian ditemukan karya-karya ilustrator handal yang sangat influentif sejak abad ke-15 hanya perangkuman singkat yang perlu diklarifikasi kembali.

Teknik ilustrasi berkembang sesuai perkembangan zaman, dimasa sekarang ilustrator bereksperimen dan berkarya dengan berbagai alat seperti; graphite, pena dan tinta, kuas, pensil warna, crayon, charcoal, kapur, pastel, marker, stylus begitu juga teknik yang digunakan hingga media pengaplikasian karya ilustrasi itu sendiri, sehingga pengindentifikasian ilustrator rasa lebih tepat dengan mengenal karakter karyanya masing-masing.

Dengan berkembangnya teknik ilustrasi ini, desainer maupun seniman berkarya lebih leluasa, namun faktor yang tak kalah pentingnya adalah dalam hal mereproduksi dan memultifikasi karya tersebut, hingga ditemukannya mesin cetak hal ini menjadi kesulitan tersendiri bagi para ilustrator, karya-karya diciptakan berulang-berulang secara manual hingga mencapai kuantitas tertentu. Penemuan alat maupun mesin cetak membantu ilustrator memperbanyak karyanya sehingga dapat dinikmati banyak orang sehingga berkembang menjadi alat propaganda yang efektif hingga masa sekarang.

Gambar dalam hal ini ilustrasi menjadi penting dengan fenomena arus informasi yang deras hingga sekarang, karya-karya visual menjadi alat presentasi yang ampuh mendeskripsikan maksud atau subjek untuk kepentingan yang beragam. Hal ini disebabkan kemampuan gambar itu sendiri yang bisa menceritakan dan mencitrakan sesuatu lebih dari sekedar kata-kata.

Keindahan, karakter, ketepatan penyampaian maksud oleh ilustrator dalam ilustrasinya ditempa oleh talenta, pengalaman serta pengetahuan yang dimiliki oleh ilutrator itu sendiri. Melalui penilaian teknis tersebutlah seorang ilustrator dipandang dan membesarkan namanya.





0 Comments:

Post a Comment



 

FREE HOT BODYPAINTING | HOT GIRL GALERRY