Wednesday, February 23, 2011

Dengan cabang yang terdapat dipuluhan negara, IKEA dapat disebut perusahaan ritel furniture paling dahsyat di abad ini. Perusahaan dari swedia ini didirikan oleh Ingvar Kamprad dari tahun 1943 saat beliau berumur 17 tahun dan IKEA sendiri diambil dari singkatan nama dan tempat asalnya. IKEA menjual berbagai produk rumah tangga yang minimalis denga material yang murah meriah namun memiliki durabilitas yang baik. Bermodalkan katalog yang diperbaharui setiap bulan agustus dan disebarkan secara sangat luas, IKEA mengexspand pengaruhnya keseluruh dunia. Inovasi tanpa henti dimulai dari dapur yang di anggotai desainer-desainer hebat, untuk itu mari kita lihat beberapa desainer yang menjadi dedengkot kehebatan IKEA ;

Camilla Diedrich

Menurut Camilla, ia adalah free-flow thinking designer. Ia membuat pikirannya tetap terbuka sebisa mungkin tanpa berfokus pada pengeluaran. Dan selalu mulai dari akhir yang salah, seperti merajut sebuah sweater secara terbalik. Camilla mengaku bahwa cukup menyenangkan bekerja di IKEA karena orang-orang disana menterjemahkan desainnya ke dalam barang-barang dalam kemasan datar dan harga-harganya terjangkau.

Camilla memasuki berbagai sekolah seni dan mengambil Master of Fine Arts dari Universitas seni, kerajinan tangan, dan desain di Stockholm di tahun 2000. Sejak itu ia terus menjadi desainer freelance. Pekerjaannnya membuat ia bepergian dari satu negara ke negara lainnya seperti Brazil, US, Jepang, dan Italia. Dan di tahun 2002, ia di anugerahi The Excellent Swedish Design Diploma untuk karyanya”bubble lamp” BPL. Sejauh ini Camilla menciptakan beberapa koleksi tekstil untuk IKEA. Sebagai contoh OFELIA dan ANNO, dan mereka tidak jauh-jauh dari ciri khas Camilla yaitu menyenangkan, fungsional, dan berinovasi tinggi.

Nina Jobs

Karakter desain Nina Jobs adalah bentuk, fungsi dan material mereka harus harmonis. Nina juga sangat teliti ketika harus melanjutkan desainnya. Produk yang di desain juga harus tahan lama. Bagi Nina, bekerja dengan IKEA adalah tantangan, ketika sebuah harga kecil dan kualitas tinggi adalah keseimbangan yang penting. Menurutnya itu adalah sesuatu yang demokratis dan sangat simpatis.

Nina Jobs adalah desainer internasional terkenal, dalam riwayat pendidikannya ada grafis, produk, furniture, dan tugas pameran desain umtuk klien-klien seperti IKEA, LM Ericsson, Askul di Jepang dan museum dari seni modern di New York. Antara 2002 dan 2006 Nina Jobs ditugaskan untuk mempromosikan desain Swedia di Asia bersama pemerintah Swedia.

Nina Jobs mengejam pendidikan di Graphic Design dari Bergh School of Communication di Stockholm, dan Master of 3D design dari L’ecole nationale Superieure des Arts Decoratifs(ENSAD) di Paris.

Sunniva Kandell

Untuk Sunniva, desain adalah tentang menyempurnakan dan kesenangan. Pekerjaan yang dilakukan harus ditambah sesuatu yang relevan dengan apa yang sudah ada dan pada saat yang sama, merespon apa yang orang-orang butuhkan setiap hari. Meraih tujuan ini, menurut Sunniva benar-benar menguntungkan karena membuiat hidup orang-orang menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Sunniva Kandell memulai karir desainnya di Sekolah Menengah Atas Alsta Folk di tahun 1990. Setelah lebih dari satu dekade berikutnya, dia lulus dari sekolah terkenal Beckmans College of Design di Stocholm. Kerjasamanya dengan IKEA sejauh ini menghasilkan segala sesuatunya dari mulai tirai yang indah sampai piring cake pintar, semua di desain untuk “rumah yang lebih baik setiap harinya”

Synnove Mork

Karakter desainnya adalah natural dan leluasa. Jika dapat menggunakannya tiap hari, jika bisa tercampur natural dengan gaya apa saja. Bagi Mork, itu adalah desain yang bagus. Furniture cantik dan praktis harus ada untuk semua orang, dan itulah mengapa harga yang rendah adalah sesuatu yang cantik juga, bagi Mork.

Synnove Mork adalah seorang wanita dengan satu pak kartu bisnis. Dia mendesain tekstil-tekstil IKEA dan beberapa perusahaan. Dia bekerja untuk majalah-majalah gaya hidup Swedia sebagai interior dekorator dan jurnalis, dan sebagai penasihat bagi konsep-konsep toko dan strategi-strategi retail. Dan sampai akhir tahun 2003, Synnove adalah dosen di Departemen Tekstil di University College of Arts, Crafts, and Design di Stockholm, sekolah yang sama dimana dia juga lulus sebagai murid desain tekstil.

Cilla Ramnek

Cilla mempunyai ketertarikan untuk “desain instan”, objek-objek yang tercipta pada cabang dari momen. Mereka akan menjadi cantik, pintar, dan menghasilkan dalam satu alam, cara yang tidak intens. Walaupun jika Cilla menghargai proses tradisional desain, Cilla lebih senang menciptakan perabotan rumah tangga tanpa satu detik pun tanda keinginan, begitu kira-kira filosofi Cilla dalam menciptakan karyanya.

Cilla tidak membuat jarak antara desain, seni dan kerajinan tangan, untuknya semua penting dan seimbang dan menyenangkan untuk dikerjakan. Suatu hari ia mendesain untuk IKEA dan hari berikutnyadia menyiapkan pameran di Tokyo. Sebagai seniman kreatif dan pekerja keras, dia juga bekerja untuk majalah-majalah interior desain dan membuat buku-buku tentang merajut dan dekorasi tas tangan.

Cilla Ramnek mengenyam pendidikan di Textile Design dari University College of Art, Crafts and Design in Stockholm.

Referensi: www.designinnovationinstitute.org, www.artsconnected.org/, IKEAdesignerbio2007.
By Zoe

0 Comments:

Post a Comment



 

FREE HOT BODYPAINTING | HOT GIRL GALERRY