Friday, March 25, 2011

Steven Jobs membuat quotes seperti ini “inovasi adalah yang membedakan antara pemimpin dan pengikut”. Steve Jobs adalah salah satu orang terkaya dan terkuat. Apakah alasan dibalik mengapa ia disebut sebagai salah satu orang terkaya dan terkuat: Apple, NeXT, iPOD dan PIXAR. Steven Jobs juga dikenal sebagai orang yang bisa bersaing dengan Bill Gates. Jobs tertarik dengan inovasi seperti Bill Gates yang tertarik dengan menghasilkan uang.

Steve Paul Jobs lahir di Green Bay, Wisconsin pada tanggal 24 Februari 1955, dari ibu bernama Joanne Carole Schieble dan ayah seorang Mesir, Abdulfattah Jandali. Sejak bayi, Jobs diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs dari Mountain View, Santa Clara County California. Dari orang tua angkat inilah, beliau mendapatkan nama Steven Paul Jobs.

Jobs melewati masa SMP dan SMU di Cupertino, California. Setelah jam sekolah berakhir, biasanya Jobs mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California. Dan setelah lulus, ia dan teman baiknya, Steve Wozniak segera menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan ini. Di tahun 1972, Jobs lulus SMA dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tetapi drop out setelah satu semester. Di Reed College, Jobs mempelajari kaligrafi, dan Jobs bersyukur karena drop out. “Jika saya tak pernah dikeluarkan dari studi saya yang hanya satu semester, mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces/font-font yang proporsional”, katanya.



Pada musim gugur tahun 1974, Jobs kembali ke California dan bergabung dengan pertemuan “Homebrew Computer Club” dengan Steve Wozniak. Dia dan Wozniak bersama-sama bekerja di Atari Inc., sebuah perusahaan pembuat permainan komputer yang terkenal, sebagai perancang permainannya. Steven saat itu bekerja untuk mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India.

Di tahun 1976, Jobs di usianya yang ke 21, dan Wozniak di usianya yang ke 26, mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Jobs dan Wozniak diberi nama Apple I. Komputer itu dijual dengan harga $ 666,66, sebagai referensi terhadap nomor telepon dari Wozniak’s Dial a Joke Machine, yang berakhir dengan -6666.


Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang menjadi sukses besar dipasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang terbilang masih muda. Di tahun 1980, Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik sebelumnya.

Tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley,untuk memimpin Apple Computer. Di tahun yang sama, Apple juga mengeluarkan Apple Lisa yang teknologinya tergolong sangat maju pada saat itu, tetapi gagal meraih pembeli di pangsa pasar. Tahun 1984, Macintosh, komputer pertama berhasil dijual ke pasaran dan mengkomersialkan graphical user interface dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center, perusahaan Xerox. Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin.


Steven Jobs, yang walaupun adalah orang yang sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, tetapi dianggap sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, John Sculley memberhentikan jabatannya dan mengusirnya dari Apple. Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan computer lagi, NeXT Computer seperti Lisa, NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains (Tim Berners-Lee mengembangkan system World Wide Web di Cern dengan menggunakan sebuah NeXT workstation). Namun, NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi seperti program object-oriented, Post Script, dan perangkat magneto-optical.


Di tahun 1986 Jobs mendirikan (bersama Edwin Catmull) Pixar, sebuah studio animasi komputer di Emeryville, California. Perusahaan itu didirikan dari apa yang dahulunya divisi grafik komputer milik Lucasfilm, yang Jobs beli dari pendirinya, George Lucas, sebesar AS$10 juta. Satu dekade kemudian, Pixar berkembang menjadi terkenal dan berhasil dengan film terobosannya Toy Story. Sejak saat itu Pixar sudah membuahkan film-film yang memenangkan Academy Award yaitu Finding Nemo dan The Incredibles. Karena kepemimpinannya di Pixar dan juga kemapanannya di Apple, Jobs dianggap oleh banyak pengamat industri hiburan salah satu calon pengganti Michael Eisner sebagai pemimpin dari The Walt Disney Company, yang mendistribusikan dan mendanai film-film buatan Pixar.

Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga $ 402 juta. Dengan pembelian NeXT, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Di bawah bimbingan Jobs, perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac, yang merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya. Lalu Apple mengembangkan sayapnya melalui iPod, alat musik portable, piranti lunak iTunes dan iTunes Music Store, perusahaan yang melakukan gebrakan di bidang peralatan elektronik pribadi dan music online. Sambil merangsang inovasi, Jobs juga mengingatkan bawahannya bahwa “artis tulen membuahkan hasil” yang maksudnya adalah menghasilkan karya-karya dengan tepat waktu sama pentingnya dengan inovasi dan produk jitu.

Jobs menikah dengan Laurene Powell di tahun 1991 secara buddhist diberkati Biksu Zen Kobun Chino Otogowa. Ia memiliki tiga anak dari pernikahan ini. Dia juga memiliki seorang putri dari pernikahannya yang pertama.Pada tanggal 31 Juli 2004 Jobs menjalankan operasi untuk mengeluarkan tumor di pankreasnya. Ia mengidap sejenis kanker pankreas yang tergolong langka, yang dikenal dengan nama islet cell neuroendocrine tumor, yang tidak memerlukan chemotherapy atau radiation therapy.

By : Zoe, Referensi: Wikipedia

0 Comments:

Post a Comment



 

FREE HOT BODYPAINTING | HOT GIRL GALERRY