Friday, March 25, 2011

Mari ke Trisakti

Desain interior Trisakti

1969 BERDIRI SEBAGAI JURUSAN ARSITEKTUR INTERIOR DIBAWAH DEPARTEMEN FAK. TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN.
1970 JURUSAN DESAIN INTERIOR SECARA KHUSUS MULAI BERJALAN.
2002 MENDAPAT AKREDITASI B
2005 MENDAPAT AKREDITASI B

Visi dan Misi

VISI

Mewujudkan Program Studi Desain Interior menjadi salah satu program studi yg terkemuka dalam mengembangkan seni, ilmu pengetahuan dan tekhnologi di kawasan Asia Pacific dengan lulusan yang memiliki kemampuan membina kelestrian lingkungan alam dan budaya Indonesia.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan yg memiliki jatidiri, untuk menghasilkan lulusan yg memiliki kemampuan :

  1. Beradaptasi dan mandiri dalam menghadapi tantangan dan perubahan baik di masa kini maupun di masa mendatang
  2. Melaksanakan pengembangan dan penerapan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi hingga menghasilkan desain yg inovatif, kreatif
  3. Meningkatkan apresiasi terhadap senirupa dan desain dalam integritas keilmuan dan wawasan lingkungan dan kemitraan institusional dengan meningkatkan kerjasama dengan lembaga lain di luar Universitas Trisakti.

Tujuan utama program studi desain interior

  1. Menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademik, profesional memiliki kepribadian nasional dan kredibilitas tinggi
  2. Menciptakan suasana akademik ps Desain Interior yang kondusif dan produktif
  3. Menghasilkan sarjana yang menghargai tradisi dan budaya Nusantara
  4. Menghasilkan sarjana yang mampu mengikuti perkembangan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni) sehingga bisa sejajar dengan PT terkemuka di dunia.

Desain produk

Sejarah Singkat

Program Studi Desain Produk merupakan bagian dari Jurusan Desain pada Fakultas Seni Rupa Dan Desain Universitas Trisakti. Program Studi Dsain Produk telah mengalami perjalanan panjang sejak tahun 1969 dalam mengikuti bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang berjalan begitu cepat. Hal ini mewajibkan Desain Produk untuk terus membenahi diri, meningkatkan kualitas dalam merebut simpati dan kepercayaan masyarakat.Suatu hasil Desain akan disebut berhasil bilamana Produknya bisa memenuhi kepentingan dari banyak pihak terkait, dari mulai konsumen, pedagang, eksportir dan produsen. Hal ini tentunya akan menemui banyak kendala, pekerjaan penciptaan suatu produk adalah bukan suatu pekerjaan yang sederhana. Tugas ini hanya bisa dilakukan dengan baik oleh desainer yang profesional dan ahli dalam bidangnya. Disain Produk harus mampu menjembatani berbagai kepentingan dari semua pihak terkait dan mengolahnya menjadi suatu rancangan yang utuh dan terpadu. Sebagaimana kita ketahui, banyak di antara disain produk yang ada merupakan hasil rancangan yang bernuansa teknologi masa depan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk pengembangan produk tradisional. Dalam materi perkuliahan, pengembangan disain tradisional tetap dipertahankan karena hal ini merupakan ciri khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Peningkatan dan pengendalian mutu Desain Produk terus dilakukan dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai berupa; perpustakaan, praktek bengkel, lab.komputer, studio T.A dan lain-lain. Peningkatan kemampuan staf akademik pada Desain Produk berupa peningkatan jenjang pendidikan, mengikuti kursus, seminar dan lain-lain.Pengembangan wawasan bagi mahasiswa dilakukan dengan melakukan kerja profesi pada industri terkait, kunjungan pada industri, studi banding dengan lembaga pendidikan seprofesi, mengikuti seminar dan lain-lain. Lulusan dari program studi Desain Produk berprofesi sebagai wiraswastawan disain, pendididkan tinggi disain, disainer professional, pemerintahan dan perusahaan multi nasional. Sesuai dengan Visi, Misi, Sasaran dan Tujuan Desain Produk Fakultas Seni Rupa Dan Desain Universitas Trisakti dimasa mendatang harus mampu menghadapi kompetisi dengan mitra pendidikan Desain Produk didalam negeri dan luar negeri dinegaranya sendiri maupun yang membuka cabang di Indonesia.

Identitas Diri

Awal berdiri tahun 1969, dibawah Jurusan Seni Rupa Fakultas Teknik 1978, dibawah Jur. Seni Rupa Fak. Teknik Sipil & Perencanaan.

Bulan & Tahun :Maret 1985
Program Studi (PS) :Desain Produk
Jurusan :Desain
Fakultas :Seni Rupa dan Desain
Perguruan Tinggi :Universitas Trisakti
Penyelenggaraan PS Pertama Kali Nomor SK Pendirian PS :0331 / 0 / 1986
Tanggal SK :27 Juli 1985
Pejabat Penandatangan SK :Menteri Pendidikan dan Kebudayaan a.i. a.n.b. Sek.Jen. Mendikbud Soetanto Wirjoprasonto
AKREDITASI :TERAKREDITASI A

Visi, Misi dan Tujuan

VISI

  1. Program Studi Disain Produk sebagai program studi terkemuka dalam pengembangan Disain bagi kesejahteraan Umat Manusia dan Kelestarian Lingkungan
  2. Manusia yang berkualitas
  3. Pusat Pendidikan Disain
  4. Pusat Kreativitas Generasi muda
  5. Agen perubahan Budaya

MISI

Program Studi yang mendidik mahasiswa menjadi manusia yang bernilai guna dan memiliki wawasan :

  1. Teknologi,
  2. Ekonomi,
  3. Sosial Dan
  4. Budaya.

DESAIN PRODUK (PRODUCT DESIGN)

Adalah bidang profesi yang menggabungkan kreativitas dan teknikal dalam proses perancangan produk industri dengan tujuan menghasilkan produk yang dapat dipakai oleh manusia/pengguna dan dapat diproduksi oleh sistem manufaktur yang ada.

TUJUAN PENDIDIKAN
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki ketajaman nalar, keterampilan dan kepekaan rasa dalam berbahasa rupa (visual).
  2. Dapat berpikir secara analitis dan menyeluruh dalam menghadapi permasalahan desain.
  3. Memiliki keahlian dalam merancang sebuah produk secara mandiri, kreatif, dan mampu bekerja secara interdispliner.
  4. Memiliki wawasan luas dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi, dan kebutuhan masyarakat akan benda fungsional.

DKV

Visi,Misi, Sasaran dan Tujuan

Visi

Menjadi Program Studi terkemuka di Asia Pasifik dan pusat unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, khususnya Desain Komunikasi Visual bagi kesejahteraan umat manusia dan kelestarian lingkungan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang unggul dalam berbagai strata di bidang Desain Komunikasi Visual, melalui sistem pendidikan tinggi yang fleksibel untuk menghasilkan sumber daya manusia, yang mandiri dan mampu beradaptasi serta menghadapi tantangan perubahan masa kini dan masa depan.
  2. Melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, utamanya di bidang Desain Komunikasi Visual untuk menghasilkan inovasi baru, melalui pengembangan kemampuan dan keahlian individu secara maksimal, penelitian terpadu, untuk diabdikan kepada masyarakat bagi kesejahteraan hidup bangsa dan umat manusia.
  3. Meningkatkan apresiasi seni rupa dan desain dalam integritas keilmuan yang berwawasan lingkungan dan kemitraan institusional.
Sasaran

Mengantisipasi perubahan cepat lingkungan eksternal seperti teknologi yang maju pesat, pola kebutuhan dan permintaan masyarakat sasaran sebagai strategi pengembangan yang dijabarkan melalui program sasaran (Sarlita FSRD Usakti.

Tujuan

Menjawab tantangan di masa depan, menghadapi kompetisi dengan kemitraan PTN/PTS, dan meningkatkan daya saing serta memelihara kepercayaan masyarakat dan pengguna.

Sejarah Singkat

Pada tahun 1969 Fakultas Teknik Universitas Trisakti membuka Departemen baru yaitu Departemen Seni Rupa, dengan kepala Departemennya Drs Soekarno. Departemen Seni Rupa memiliki tiga Spesialisasi Keahlian yaitu: Arsitektur Interior, Desain Industri, dan Seni Lukis dengan status "Terdaftar", selanjutnya pada tahun 1978 menjadi Jurusan Desain dalam lingkup Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Kelulusan pertama Departemen Seni Rupa pada tahun 1980.

Program Pengutamaan Studi "Seni Murni" berubah namanya menjadi "Jurusan Desain" Universitas Trisakti. Program Studi Desain Grafis pada tahun 1983, yang sebelumnya berstatuskan "baru", statusnya meningkat menjadi "Terdaftar".

Setelah lama berdiri jurusan Desain terus berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan minat masyarakat, khususnya calon mahasiswa yang jumlahnya terus meningkat. Pada tahun 1992 statusnya meningkat menjadi "Disamakan", mengikuti perkembangan kemajuan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berjalan begitu cepat, begitu pula kemampuan dan pengetahuan masyarakat terus meningkat, Jurusan Desain menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat menjadi Fakultas Seni Rupa dan Desain pada tahun 1996 memiliki Jurusan Desain dan Jurusan Seni Rupa.

Pada tahun akademik 1997/1998 sesuai dengan keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 001/BPN-PT/AK/I/VIII/1998 tanggal 11 Agustus 1998 bahwa jurusan Disain telah terakreditasi dengan nilai "B", pada tahun 2000 diadakan penilaian kembali dengan peringkat nilai "A". Desain Komunikasi Visual terus membenahi diri dan meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni di masa mendatang yang semakin kompetitif dalam persaingan bisnis baik di lingkup pendidikan maupun pada lingkup kerja di lapangan.

www.trisakti.ac.id

0 Comments:

Post a Comment



 

FREE HOT BODYPAINTING | HOT GIRL GALERRY