Saturday, April 2, 2011

Belakangan ini, kita semakin sadar akan pentingnya sebuah Desain, seberapa besar porsinya hal tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan efisiensi yang ditimbulkan jika desain ini digunakan secara efektif. Bagaimana tidak? Ketika hampir semua hal yang kita lihat dalam rutinitas kita sehari-hari mempunyai unsur desain didalamnya. Iklan yang kita lihat di media, kamar yang kita tempati sekarang, dan bahkan flyer yang dibagikan oleh mbak-mbak di pusat perbelanjaan. Dengan ranah yang begitu luas, bukan hal yang aneh jika semain banyak orang yang ingin mengambil desain sebagai jurusan yang akan mereka ambil di Universitas nantinya.

Dan berbicara soal Desain, Indonesia sendiri mempunyai banyak pilihan Universitas yang memiliki jurusan Desain dengan berabagai program kekhususannya masing-masing. Namun, ingin merasakan bagaimana rasanya hidup di negeri orang saat menuntut ilmu juga bukanlah hal yang jelek, pepatah lama mengatakan, “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”. Sekai lagi, berkenaan dengan Desain, calon mahasiswa Indonesia tidak perlu jauh-jauh ke negeri Cina untuk mendapatkan pendidikan Desain yang kredibel, karena di negeri tetangga pun banyak yang memiliki kualitas, Singapura misalnya.

Nanyang Polytechnics School Of Design (NYP SDN) adalah sekolah Desain yang berdiri pada tahun 2006. Politekniknya sendiri telah terbentuk sejak tahun 1996. Nanyang Polytechnics School Of Design (selanjutnya disingkat: SDN) berdiri diatas lahan seluas 30.5 hektar dan berada di tempat yang strategis karena berada berdekatan dengan Yio Chu Kang MRT Station. Kampus yang tergolong modern ini memiliki kenampakan yang bisa dikatan cukup nyeni dan menunjukkan bahwa bangunan ini adalah tempat yang akan mencetak desainer-desainer masa depan nantinya, soal fasilitas mungkin tidak perlu ditpertanyakan lagi untuk kampus yang membawa nama Nanyang sebagai namanya. Perpustakaan, auditorium, teater dan berbagai macam kebutuhan mahasiswa tersedia disini.

SDN memiliki tiga kekhususan program studi, diantaranya adalah Industrial Design, Space and Interior Design dan Visual Communications. Masing-masing program didukung oleh pengajaran yang kompeten dan memiliki kredibilitas dalam penggunaan, pengajaran, kurikulum, serta teknik yang akan berguna dalam dunia kerja yang berkenaan dengan desain. Penggunaan software-software familiar dalam dunia perfilman dan hiburan seperti 3D Studio Max, Maya, dan Vicon V8 Optical Motion Capture System. Pelatihan teknik seni visual. Soft skill termasuk menggambar, teori warna, desain fundamental, proses kreatif, menggambar benda hidup, prinsip animasi, storyboarding dan scriptwriting.

Industrial Design

Mahasiswa yang mengambil desain industri akan dipersiapkan untuk menjadi desainer yang dapat melihat produk, system dan pelayanan secara menyeluruh. Yang akan dibentuk melalui pemikiran desain yang mendalam, ilmu komunikasi, pemikiran bisnis efektif dan pertimbangan selera pasar, serta terobosan untuk memikirkan strategi desain yang baru. Siswa akan diberikan pengalaman yang luas tentang desain, dari industr sampai pada komersil. Dengan jenjang ini, para lulusan diharapkan dapat mengidentifikasi permintaan pasar, khususnya Asia Tenggara.

Space and Interior Design

Siswa yang mengambil jenjang studi ini akan dipersiapkan untuk berkompetisi dalam pasar yang mengutamakan estetika spasial, penilaian stragetis tidaknya sebuah tempat, dan promosi bisnis. Siswa akan mendapatkan pengalaman langsung ataupun teori tentang bagaimana membuat desain retail, titik tempat penjualan yang tepat, desain furniture, desain lansekap dan bahkan desain lingkungan.

Visual and Communication Design

Siswa yang mengambil jenjang ini akan dipersiapkan untuk mempunyai ketrampilan akan pengemasan dan branding sebuah produk yang berfokus kepada penyampaian pesan dan estetika yang tinggi didalamnya. Siswa akan diberikan pengalaman tentang pengemasan, produksi, dan identitas perusahaan serta branding. Dengan jenjang ini, para lulusan diharapkan dapat membantu perusahaan menemukan pengemasan serta branding yang tepat yang dapat diterima masyarakat secara luas.

Visi SDN

To be A Premier Polytechnic of Global Distinction



















Misi SDN


We provide quality education and training to prepare students and adult learners for work and life, equipping them to be life-long learners and to contribute to the technological, economic and social development of Singapore. We will harness our resources, expertise, creativity and innovation to support the development of business and industry and to complement Singapore’s globalization efforts.



Bagaimana? Tertarik? Terlebih, program pengajaran yang lebih ke bentuk terapan dan tempo pembelajarannya yang lebih singkat akan memudahkan para lulusannya untuk terserap dunia kerja. Sedangkan untuk anda yang masih ingin melanjutkan jenjang pendidikan, kesempatan untuk kuliah di belahan dunia lain terbuka sangat luas, apalagi dengan nama Nanyang yang sudah diakui secara Internasional.

By : Ito
Sumber : wikipedia, nyp, edwise international

0 Comments:

Post a Comment



 

FREE HOT BODYPAINTING | HOT GIRL GALERRY