Saturday, April 2, 2011

DEPARTEMEN DESAIN INTERIOR
FAKULTAS ART & DESAIN
PETRA
CHRISTIAN UNIVERSITY

Desain interior akan selalu menjadi bagian dari kehidupan kita tidak peduli apa ras, agama dan nilai-nilai kita ikuti
. Kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di ruang interior apakah di rumah kita sendiri, hotel, bandara, kantor, mal dan ruang swasta dan publik lainnya.

Ruang interior adalah tempat manusia menemukan tempat tinggal dan perlindungan untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Sebagai teknologi dan mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan, kehidupan manusia, rasa keindahan, dan kebutuhan fungsional juga berubah. Desain interior kemudian menjadi lebih kompleks, berkembang menjadi berbagai fasilitas, trend dan gaya. Dengan demikian, desain interior adalah bidang pengembangan dan menjanjikan prospek.

INTERIOR DESIGN PROGRAM DI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA

Terakreditasi "A" oleh Dewan Akreditasi Nasional SK No. SK 034/BAN-PT/AK-XII/S1/XI/2009 No, Dalam Negeri Departemen Desain Universitas Kristen Petra didirikan pada tahun 1998 dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif berfungsi sebagai pencipta desain interior pengamat, dan manajer.

Pencipta subjek dapat dipahami sebagai seorang desainer yang dapat menghasilkan karya kreatif, pengamat sebagai seorang peneliti dan pemikir kebutuhan interior dan pemecahan masalah, dan manajer sebagai kontraktor yang akan mengelola proyek-proyek desain interior. Kurikulum ini dirancang untuk fokus pada konten lokal dan eko-desain, didukung oleh teknologi sebagai media komunikasi.

konten lokal tidak selalu mengacu pada usia kuno atau tradisional tetapi nilai dan identitas yang harus berharga, dilestarikan dan diakui oleh komunitas global. Sementara itu, eko-desain merupakan sarana untuk memenuhi tanggung jawab kita terhadap kesejahteraan pengguna dan lingkungan global.

Subyek diajarkan ditujukan terhadap pengamatan, penciptaan dan penelitian desain dan manajemen dan proses desain, didukung oleh teknologi industri dan komunikasi. Pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh tersebut kemudian diimplementasikan dalam proyek akhir di mana siswa dapat memilih antara karya tulis dan karya desain. Dalam karya tulis, para siswa diharapkan untuk menghasilkan sebuah karya penelitian kritis dan substansial desain interior. Jika mereka memilih karya desain, mereka diharapkan untuk melakukan proyek desain interior pilihan mereka yang dapat dihargai dan dihargai dan juga dapat secara logis digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan memecahkan kompleks pengguna.

Sejarah Jurusan DKV

1998
Akibat permintaan pasar dan adanya potensi yang cukup bagus, DKV Petra pun muncul sebagai satu-satunya jurusan DKV dengan titel S1. Saat itu Dwi Koendoro bersama Andi Surya Budiman dan Yuwono mendapat kehormatan untuk hadir meresmikan peresmian perdana jurusan DKV Petra. Hadiahnya: sebuah poster karya Dwi Koendoro.

1999
KMDGI 04 di Jogja adalah event pertama bagi DKV Petra. Tentu saja dengan kondisi 'bayi baru lahir' ini peluang yang didapat lebih karena berani dan mau nekad... Perjalanan baru saja dimulai.

2000
Beban ujian kenegaraan saat itu cukup memberatkan, sementara syarat minimal sebuah akreditasi adalah memiliki mahasiswa yang sudah lulus. Tapi sungguh kebanggan bagi DKV Petra yang saat itu berusia jagung telah berhasil mendapatkan akreditasi C.
Berita membanggakan lainnya datang dari mahasiswa bernama Winata sebagai pemenang lomba CD British Council tingkat nasional.

2001
Piala-piala kemenangan menyusul lagi. Kali ini adalah Cynthia Yudi memenangkan best print ad dan Sherly HW meraih best presentation. Keduanya berasal dari lomba yang diselenggarakan oleh Creative Circle Indonesia.

2002
DKV Petra mulai mengundang mahasiswa desain dari kampus lain untuk bergabung lewat Pekan Komik nasional yang pertama. Ajang apresiasi terhadap para komikus muda untuk saling bertukar pengalaman dan tentu saja, komik.
Tak ketinggalan Jurnal Nirmana DKV akhirnya terakreditasi, sekali lagi merupakan jurnal yang pertama mendapat posisi tersebut.

2003
Sejarah! Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi mengakreditasi DKV Petra: A!
KMDGI 05 digelar di Jakarta. Apa yang DKV Petra bawa pulang? Sebuah persiapan besar sebagai tuan rumah event KMDGI 06.
Amelia Sidik memenangkan lomba logo berskala nasional, dan hingga saat ini karyanya diaplikasikan di Museum Nasional Indonesia. Lagi-lagi sejarah!

2004
Prestasi, prestasi dan prestasi. Tan Ma Miao cukup berbangga sebagai finalis lomba iklan Tempo, sementara rekannya Nicholas Kosasih menggenggam juara 1 pada lomba yang sama.


Profil Jurusan DKV

2005
DKV Petra menggelar KMDGI 06. Selama seminggu penuh menjadi wadah utama penyelenggaraan event desain nasional terbesar tingkat universitas.
Daniel Iskandar meraih penghargaan juara 2 lomba poster KPK yang digelar oleh CCI bersama Kompas.


Profil Jurusan DKV

2006
Di awal tahun, DKV Petra menggelar Pekan Komik Nasional 2 mengundang Seno Gumira Adjidarma sebagai pembicara.
Tahun masih 'pagi', namun Aswin Darmadi telah membawa pulang penghargaan juara 3 pada lomba animasi Binus Jakarta.

2007
DKV Petra bekerjasama dengan Dongseo University Korea mengadakan Joint Workshop and Exhibition di Dongseo University, Busan, Korea Selatan.
Bekerjasama dengan Kabupaten Kediri, mata kuliah DKV 3 mengimplementasikan service learning untuk studi kasus promosi wisata Kabupaten Kediri.
DKV mengadakan Pameran & Penghargaan Adikarya Ciptawara 2007 "100% Majalah Lokal".
Kerjasama dengan industri dijalin dengan menyelenggarakan Lomba Logo dan Aplikasinya bersama American Pillo Spring Bed.
Seminar dan workshop yang memaparkan proses kerja di industri Photography & Digital Imaging dipandu praktisi dari Matari Advertising dan Studio 13.
Pameran TA tahun ini bergabung dengan Jurusan Desain Interior dan mengangkat tema "Design Republic" yang diadakan di Plasa Tunjungan, Surabaya.

Buku Panduan Mahasiswa Baru

Desain logo DKV UK Petra dilombakan dan diperbarui.

2008
DKV merayakan Lustrumnya yang ke-2 (10 tahun). Dalam Pameran Tugas Akhir DKV kali ini menggunakan judul "DEKADEKAVE: Makin Gedhe, Makin Pede", diadakan di City of Tomorrow, Surabaya, 23-30 Agustus 2008.


Buku Panduan Mahasiswa Baru

2009
Mahasiswa mengikuti Pameran KMDGI 8 di Universitas Sebelas Maret, Solo.
Mata Kuliah Desain Kemasan mengambil contoh kasus nyata pada usaha mikro dan industri rumah tangga di Kabupaten Kediri, yang kemudian hasilnya dipamerkan dan produk dijual dengan kemasan baru.
Pameran kartun politik diadakan bekerjasama dengan Perpustakaan UK Petra, menghadirkan kartunis dari Jawa Pos, Surabaya Post, Kompas, Surya, dan kartunis lepas. Mereka adalah Iwan Iwe, Budiono, Wahyu Kokkang, Bagus Hariyadi, Siswoyo dan Heri Owel, Ucup Jaya, Gatot MJ, Yudis, Hadining, dan Gino. Beberapa pengajar DKV UK Petrajuga ikut ambil bagian dalam pameran ini.
Dalam rangka memperingati 20 tahun Runtuhnya Tembok Berlin, bersama Perpustakaan UK Petra dan bekerjasama dengan Goethe-Insitut Jakarta, diselenggarakan pameran yang berlangsung di Toko Buku Petra Toga Mas, Surabaya.

DKV mengadakan Pameran Tugas Akhir bertajuk "Eksis" di Surabaya Town Square.

2010
DKV Petra kembali memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT.
DKV mengikuti Pameran Green Art Indonesia 2010.
Petra Parade (Open House UK Petra) yang pertama turut dimeriahkan oleh DKV dengan berbagai macam lomba.


Komunitas DKV UK Petra (mahasiswa, dosen, staf, & alumni) mengadakan Pameran Seni Visual bersama bertajuk "Novemberan" di Galeri Seni House of Sampoerna.

Tim dari DKV mengikuti workshop desain internasional di National Cheng Kung University, Tainan, Taiwan. Kevin Reinaldo Arffandy angkatan 2007 berhasil memperoleh Silver Award untuk karya individunya dan sekaligus Silver Award untuk karya timnya dalam workshop ini.

www.petra.ac.id

0 Comments:

Post a Comment



 

FREE HOT BODYPAINTING | HOT GIRL GALERRY